HUT KE_182 KONGREGASI KYM DAN PENERIMAAN POSTULAN

HUT KE_182 KONGREGASI KYM DAN PENERIMAAN POSTULAN

Pada Hari Raya Orang Kudus 01 November 2018, Kongregasi suster KYM merayakan HUT ke-182 tahun. Tepatnya pada tanggal 1 November 1836 di Schijndel-Belanda, Kongregasi KYM mulai berdiri dengan hanya satu orang anggota kongregasi oleh Pastor Antonius van Erp (1797-1861). Beliau adalah seorang imam yang berhaluan maju. Penuh rasa syukur dan bahagia, dalam perayaan ekaristi juga diterima secara resmi 20 Juvenis menjadi Postulan. Perayaan HUT  Kongregasi dan penerimaan Postulan dilaksanakan di Komunitas Nazareth Pematangsiantar yang dihadiri oleh para suster KYM wilayah Pematangsiantar dan sekitarnya. Perayaan ini dimulai dengan Ibadat penerimaan Postulan yang dipimpin oleh Sr Ignasia KYM, magistra Postulan. Dalam wejangan Pemimpin Umum KYM Sr Maria Yohana Parhusip KYM menyampaikan, “Kita bersyukur atas panggilan yang diberikan oleh Allah. Karena iman akan Yesus Kristus kita dipanggil dan dipersatukan menjadi satu saudari dalam Kongregasi KYM. Para Postulan yang diterima resmi hari ini berasal dari berbagai latar belakang, daerah dan suku mulai dari Batak Toba, Simalungun, Nias, Timor dan Timor Leste. Para saudari kami postulan dipanggil dan dipilih untuk menemukan kebahagaiaan abadi di Surga”. Beliau juga menambahkan semoga ke-20 saudari Postulan tetap setia dan terbuka dibimbing dalam kongregasi.

Setelah ibadat penerimaan, pesta syukur dan sukacita dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Oktavio Tarigan, Pr. Dalam homilinya beliau mengajak para suster bersyukur karena panggilan untuk kongregasi masih terus bertumbuh. Orang Kudus yang dirayakan pada hari ini adalah pribadi yang lembut hati, orang yang mau mengorbankan kebahagiaannya demi hidup sesama. Menjadi religius bukanlah jalan tanpa mengalami penderitaan. Namun, penderitaan itu menjadi bermakna karena hidup dipersembahkan untuk kebahagiaan banyak orang. Semua orang dipanggil menjadi kudus tanpa terkecuali. Pastor yang bertugas di Seminari Menengah Pematangsiantar ini juga mengajak para postulan agar tetap setia memelihara panggilan.

Setelah perayaan ekaristi, para suster dan tamu undangan menikmati makan malam dan ramah tamah yang disertai dengan hiburan bersama dari komunitas-komunitas dan anak Panti Asuhan Vita Dulcedo. Selamat memulai masa pembinaan di postulant, semoga benih-benih panggilan tetap tumbuh dalam kongregassi KYM.

Post Comment