KAPITEL UMUM VIII KONGREGASI KYM

KAPITEL UMUM VIII KONGREGASI KYM

“KAPITEL UMUM VIII DAN PENGUKUHAN DPU KONGREGASI KYM”

Pada tanggal 12-19 Maret 2021 bertempat di rumah Retret Samadi St Vinsensius, Jl. Sisingamangaraja Pematangsiantar, Kongregasi KYM melaksanakan Kapitel Umum VIII dengan tema: “KYM DENGAN SEMANGAT HAMBA MENGINTERNALISASIKAN KHARISMA PENDIRI UNTUK MEMBANGUN DUNIA LAYAK DIHUNI”. Kapitel ini dihadiri oleh moderator kongregasi dan 35 Suster yang disebut Kapitularis yang dipilih dari mewakili semua suster, jenis karya pelayanan dan wilayah. Kapitel Umum VIII dibuka secara resmi dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RP. Romaldus Nairun CMF; Vikep Pro-Religius KAM dan didampingi oleh moderator Kongregasi; RP Octavianus Situngkir OFMCap. Dalam homilinya RP. Romaldus Nairun CMF menyampaikan bahwa Kapitel Umum adalah kesempatan untuk menata kembali kehidupan Kongregasi agar tetap selaras dengan semangat asali pendiri. Seperti Nabi Hosea yang menyerukan pertobatan kepada bangsa Israel, pesan yang sama juga berlaku untuk persaudaraan KYM. Masih ada kesempatan untuk memperbaiki hal-hal yang masih kurang demi perkembangan kongregasi.
Setelah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan perarakan masuk ke ruang pertemuan tempat berlangsungnya Kapitel Umum. Dalam suasana hening para kapitularis berarak sambil membawa lilin bernyala sebagai lambang terang Kristus. “Kapitel Umum bertugas dan berwewenang memilih Pemimpin Umum dan para anggota Dewan Penasehatnya. Selain itu Kapitel juga mengadakan evaluasi atas masa bakti Pemimpin Umum dan Dewan Penasehatnya yang lalu dan menetapkan kebijakan untuk masa bakti berikutnya” (Tata cara Berkapitel Pasal 3 art.6). Pada hari ketujuh Kapitel, diadakan pemilihan Pemimpin Umum dan Dewan Penasehat Umum Masa Bakti 2021-2025. Pemilihan ini dipimpin langsung oleh Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap Uskup Keuskupan Agung Medan dan disaksikan oleh moderator kongregasi. Protokol kapitel mengajak semua kapitularis untuk menyanyikan lagu “Datanglah Roh Kudus”. Dari hasil pemilihan penuh persaudaraan ini, maka terpilih Pemimpin Umum dan Dewan Pimpinan Umum KYM untuk Masa Bakti 2021-2025 sebagai berikut:

  1. Pemimpin Umum        : Sr. Maria Theresia Situmorang KYM
  2. Wakil/Penasihat I      : Sr. Maria Cordia Lingga KYM
  3. Penasihat II                : Sr. Maria Caroline Naibaho KYM
  4. Penasihat III              : Sr. Maria Krisanti Saragih KYM
  5. Penasihat IV               : Sr. Maria Emiliana Silalahi KYM
Perayaan Ekaristi Pengukuhan Pemimpin Umum dan Dewan Pimpinan Umum KYM untuk Masa Bakti 2021-2025 dilaksanakan Jumat 19 Maret 2021 pukul 11.00 Wib tepat pada Hari Raya St. Yusuf. Turut hadir dalam perayaan ini utusan komunitas KYM di Wilayah Pematangsiantar. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap dan didampingi oleh RP Octavianus Situngkir OFMCap. Dalam homilinya Bapak Uskup yang punya suara emas ini menyampaikan, “Mari belajar dari St. Yusuf yang bersemangat hamba. Ia membuat diri terbuka kepada suara malaikat, menerima Maria dan Yesus. Dengan penerimaan ini Maria dan Yesus terselamatkan, dengan penerimaan ini masalah teratasi, dan krisis berlalu. Kehadiran Yusuf menjadi solusi, kehadirannya tidak membawa persoalan. Ia tidak mencari jalan pintas atau mau selamat sendiri tetapi menghadapi kenyataan dengan mata terbuka dan secara pribadi bertanggungjawab terhadap kenyataan tersebut. Semangat St Yusuf inilah kita rayakan hari ini. Kalau kita merayakan St Yusuf berarti membuat hadir kembali, membuat aktual dan nyata dan bisa disentuh, dinikmati oleh orang lain apa yang kita rayakan”. Bapak Uskup juga meneguhkan dewan Pimpinan terpilih dari pesan Yesus kepada para muridNya: Jangan takut, Aku menyertaimu senantiasa. Setelah perayaan Ekaristi, para suster yang hadir memberikan ucapan selamat kepada Dewan Pimpinan yang baru dan acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. (Sr. Lorentine Sihotang KYM)

Post Comment