Pada Hari Raya St Petrus dan Paulus, enam (6) orang suster yunior KYM mengikkrarkan Kaul Kekal dalam Kongregasi KYM pada hari Jumat 29 Juni 2018 di Gereja St Laurensius Brindisi, Pematangsiantar. Keenam suster KYM yang mengikkrarkan kaul kekalnya adalah Sr. Maria Naomi Sihombing KYM, Sr Maria Flora Purba KYM, Sr Maria Ancilla Purba KYM, Sr Maria Wendeline Situmorang KYM, Sr Emmanuella Purba KYM, dan Sr Cornelia Puu Heu KYM. Lagu pembuka, “Aku bergembira mendengar berita, marilah bertolak menuju Bait Allah. Salam Yerusalem… damai sertamu” mengiringi perarakan keenam jubilaris yang diapit oleh kedua orangtua masing-masing menuju Altar dan diikuti oleh para suster KYM, petugas liturgi, para imam dan Bapak Uskup Agung Medan.

Perayaan Ekaristi dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap didampingi oleh Moderator kongregasi; RP. Octavianus situngkir OFMCap bersama 32 orang imam konselebran. Dalam homilinya Bapak Uskup menyampaikan kepada keenam Jubilaris, “Apa yang dijanjikan dalam selibat hendaknya dijaga dan dipelihara. Anda telah dipilih kepada pelayanan orang  miskin seturut spiritualitas St Vinsensius A Paulo. Oleh karena itu, sabda Yesus dalam Mat 25:40, “Segala sesuatu yang kamu lakukan bagi SaudaraKu yang paling hina ini kamu telah melakukannya untuk Aku” menjadi peganganmu di dalam karya pelayanan. Jadilah pembawa Damai untuk semua orang dan berani menerima semua orang sebagai Saudara. Inilah jalan pengudusan diri. Jangan lupa mendoakan orangtua dan keluarga, kamu semua akan menerima hidup kekal bila tetap setia mengikuti Dia yang telah memanggilmu”.  Bapak Uskup juga mengajak keluarga bersyukur atas panggilan Tuhan atas keenam suster yang akan berkaul kekal.

Perayaan Ekaristi ini dimeriahkan dengan koor gabungan para suster KYM dan para Frater TOR (Tahun Orientasi Rohani). Perayaan ini berlangsung hikmat, meriah dan dihadiri oleh keluarga pengkaul, biarawan/I dan umat. Perayaan Ekaristi dimulai pukul 09.00 wib hingga berakhir pukul 12.15 Wib.

Setelah perayaan Ekaristi, perayaan syukur ini dilanjutkan dengan ramah tamah yang dilaksanakan di komplek Asrama Putri Filiae Prudentes, Jl Sibolga, Pematangsiantar. Semua suster KYM dan para tamu undangan tampak bergembira karena cuaca yang awalnya mendung tetapi menjadi cerah kembali. Dalam sambutannya Sr Cornelia Puu Heu KYM (mewakili jubilaris) menyampaikan terima kasih kepada bapak Uskup, para imam, Dewan Pimpinan umum KYM, seluruh panitia pesta dan seluruh tamu undangan yang hadir atas dukungan dan doa yang disampaikan mulai dari kursus persiapan kaul kekal selama enam Bulan hingga pada puncak pengikraran Kaul Kekal. Selanjutnya keenam Jubilaris mempersembahkan lagu hasil gubahan dari permenungan selama persiapan kaul dan tarian Tor-Tor. Semoga tetap setia…!!!! (Sr Lorentina Sihotang KYM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini