VITA DULCEDO

INFORMASI SINGKAT  VITA DULCEDO PALIPI

1 NOPEMBER 2013

Kegiatan Di Palipi telah dimulai juli 2007 oleh Sr Raynelda. Selama  satu tahun kegiatannya adalah untuk membentuk kelompok kelompok khusus untuk para petani. Tahun tahun sebelumnya sudah ada kelompok tani yang diprakarsai pemerintah, tetapi hanya sekedar nama  kelompok, karena kelompok merupakan syarat untuk menerima pupuk bersubsidi dari pemerintah. Kehadiran  Vita Dulced adalah mulai mengaktifkan  para petani dan memberi pembinaan,  pendidikan yang berhubungan dengan pertanian.  Pendampingan ini makin efektif  karena  Agustus 2008 Sr Gabriel bergabung juga untuk membantu.  Kegiatan ini makin berkembang karena ada dukungan dan kerjasama dengan Pemerintah dan LSM Heifer Internasional Medan.  Pemerintah memberi bibit dalam jumlah yang terbatas sehingga kita perlu mengatur dan membagi secara bergilir sesuai dengan bibit dan lahan yang dimiliki petani.  Sedangkan Heifer memberi ternak dan kita dilatih untuk cara memelihara dan mengawasi di lapangan.  Dukungan dukungan lain dari donatur yaitu sumbangan sembako, bibit dan alat alat pertanian.

Kelompok yang terbentuk ada 6 kelompok tambah  satu kelompok khusus ibu ibu.

Kegiatan yang dilakukan  antara lain:

  1. pembinaan tentang tujuan berkelompok, katekese singkat setiap pertemuan, pendidikan tentang saling berbagi, kesehatan, pendidikan keuangan, pelestarian alam, peternakan, pertanian organik, pelatihan membuat pupuk dan ketrampilan home industri.Kegiatan ini dilakukan perkelompok atau bergabung dalam kelompok besar.
  2. Kunjungan kunjungan ke tiap kelompok dan kunjungan keluarga.
  3. Kunjungan khusus misalnya ke  keluarga atau pribadi dalam keadaan sulit.
  4. Membuat evaluasi bersama sekaligus kegembiraan pertemuan bersama semua kelompok.
  5. Membuat jaringan kepada pihak lain yang dapat membantu petani
  6. Membina kerjasama dengan pemerintah, dinas pertanian, dinas kesehatan,  dinas kehutanan dan Badan ketahanan pangan. Dinas dinas ini telah kita undang untuk memberi seminar atau pelatihan pelatihan kepada kelompok.
  7. Studi banding kelompok atau utusan kelompok.
  8. Membuat jaringan untuk orangtua asuh dan mencari donor lepas untuk biaya studi anak di Palipi.

Pelayanan ini berjalan baik dan makin hari Dinas pertanian melihat kegiatan Vita Dulcedo. Kegiatan seperti ini membutuhkan waktu dan kesediaan untuk melakukannya. Oktober 2008 Dinas pertanian meminta supaya Vita Dulcedo memfasilitasi agar semua kelompok tani berkumpul karena semua kelompok tani desa Palipi tidak bekerja seperti kelompok yang diharapkan Pemerintah.

Pada tgl 8 Juni 2009  berkumpul 14 pengurus kelompok tani ( ketua, sekretaris,bendahara) Desa Palipi di ruangan kelas SMP.Ke 14 kelompok ini sudah masuk didalamnya 5 kelompok yang dibentuk Vita Dulcedo. Yang menarik dengan kelompok ini adalah ada kelompok anggota katolik, ada kelompok semua protestan, ada campuran , ada kelompok Adven.  Kelompok khusus perempuan tidak masuk di dalam ke 14 kelompok ini  karena kelompok itu berada di luar desa Palipi.   Pertemuan ini dihadiri mewakili Dinas pertanian, Camat dan kepala Desa.

Pada saat itu Pihak Dinas pertanian mengungkapkan bahwa ada hal hal yang tidak tepat yang dilakukan kelompok tani selama ini misalnya ada kelompok tani hanya nama saja,  ada kelompok yang menjual pupuk subsidi , ada nama yang terdaftar di dua atau tiga kelompok dengan tujuan supaya mendapat banyak pupuk subsidi,  ada kelompok yang tidak pernah berkumpul dan ada juga kelompok yang ditulisi ketua kelompok tanpa diketahui yang bersangkutan.   Hal  ini terjadi karena ketua Gapoktan tidak pernah aktif lagi dan tidak ada lagi pengawasan dari ketua Gapoktan.

Pada kesempatan ini mewakili Dinas pertanian meminta supaya diadakan pemilihan pengurus Gapoktan yang baru. Ketua Gapoktan, sekretaris dan bendahara  dipilih oleh pengurus kelompok tani. Yang berhak memilih pengurus Gapoktan adalah pengurus kelompok tani, karena Gapoktan adalah gabungan kelompok tani. .  Dalam pemilihan ini semua ketua kelompok menyetujui supaya Sr Raynelda menjadi ketua Gapoktan  Nama Gapoktan diusuldan Gapoktan Gracia dan semua pengurus kelompok tani menyetujui nama itu. Sejak saat itu Vita Dulcedo masuk ke Gapoktan Gracia dan kerjasama dengan pemerintah makin baik. Hubungan baik dengan Pemerintah dijaga baik caranya melalui kehadiran kita di kantor dinas, bertanya apakah ada informasi untuk petani, mengikuti pertemuan atau seminar dan sering membuat kontak khususnya dengan PPL. Dukungan dari pemerintah  diterima melalui seminar,  pelatihan pelatihan  dari Dinas, pemberian bibit dan informasi yang berhubungan dengan pertanian. Sejak Desember 2009 Gapoktan Gracia memperoleh dana 100 juta untuk pinjaman lunak petani. Atas persetujuan pengurus kelompok tani maka bunga pinjaman ditetapkan satu persen setiap bulan. Walaupun kelompok Vita Dulcedo masuk ke Gapoktan, pendampingan khusus untuk kelompok Vita Dulcedo tetap berjalan.

Perkembangan lain  

Pada tgl 13 November 2010 telah dibuka satu ruang Perpustakaan Vita Dulcedo.  Pembangunan ini atas usaha para alummi SMA Budi Mulia teman kelas Sr Gabriel.  Banyak buku disumbangkan para alumni ini dan sumbangan kawan kawan. Kebanyakan  anak anak asrama membaca di perpustakaan, kadang kadang anak anak sekitar pada hari minggu.

Heifer Internasional Medan memberi buku buku, rak, lemari , kursi, meja, camera tele lens, handycom, in Focus dan printer. Camera tele lens , handycom, in focus dan printer disimpan di Mieke.

Situasi Kelompok:

  1. Masing masing kelompok rata rata terdiri dari 20 kepala keluarga. Masing masing kelompok membuat pertemuan tiap bulan atau dua kali dalam satu bulan tergantung kesepakatan anggota kelompok. Setiap pertemuan ada yuran, jumlah dan peruntukannya diatur oleh kelompok masing masing. Yuran menjadi syarat dalam pembentukan kelompok karena yuran menjadi pengikat keanggotaan.
  2. Pinjaman diadakan sekali 6- 8  bulan. Peminjam membuat permohonan, mengisi format format yang telah disediadan oleh Badan ketahanan pangan dan ketua kelompok memeriksa dan menyetujui, kemudian diserahkan ke  Ketua Gapoktan untuk diusulkan ke Badan ketahanan pangan. Pengurus Gapoktan turun memeriksa rencana peruntukan pinjaman.  Badan ketahanan pangan membuat rekomendasi ke Bank supaya Ketua Gapoktan dan Bendahara Gapoktan dapat mencairkan. Uang yang telah cair diserahkan Ketua Gapoktan ke setiap peminjam disaksikan oleh kepala Desa. Setiap bulan masing masing peminjam membayar bunga, akhir bulan pinjaman mengembalikan bunga bulan terkhir bersama modal. Bunga pinjaman atau pengembalian modal setiap bulan dimasukkan oleh pengurus Gapoktan ke rekening Gapoktan. Setiap bulan Gapoktan melalui Petugas pertanian lapangan melaporkan keuangan ke Badan Ketahanan pangan.  Sampai sekarang pinjaman masih berjalan baik.
  3.  Saat ini Gapoktan Gracia terhitung paling baik dari semua gapoktan di Kabupaten Samosir karena dana pemerintah terjamin selamat.

Pelayanan  ini sangat baik sesuai dengan spiritualitas Kongregasi, memperhatikan mereka yang lemah.  Petani Samosir rentan sangat miskin karena lahan sedikit, tanah tandus, hutan gundul, dan musim tak dapat diprediksi.

Beberapa contoh juni 2013  harus menanam dua kali karena musim tanam pertama tak datang hujan sehingga bibit tak tumbuh.  September 2013 ada musim kering yang panjang, sehingga sebagian lahan yang seyogianya sudah mulai mengolah lahan akhirnya terlambat. Menjelang panen, april 2013 ada angin kencang, sehingga batang padi tidur.  Harapan petani hanya panen padi. Ini masih beberapa contoh sumber penderitaan masyarakat. Saat saat seperti inilah dibutuhkan kehadiran kita untuk mendengar keluh kesah mereka dan mendengar beban beban lain.

Hal hal yang menggembirakan

  1. Ada kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat atau orang yang sungguh lemah dan menderita. Saat saya diuji apakah benar saya hidup sebagai seorang Vinsensian.  Kadang ada rasa putus asa karena tidak melihat hasil. Tidah mudah namun ada kesempatan untuk melatih diri.
  2. Ada kegembiraan tersendiri ketika saya hadir mendengar keluh kesah mereka dan mereka nampaknya terhibur tertawa bersama walaupun saya yakin sesaat saja karena penderitaan di depan mata.
  3. Saat ini ada dukungan pemerintah untuk meringankan tangan mereka sesaat, tetapi sangat berarti menghindari petani dari tengkulak.  Peran Vita Dulcedo ada didalamnya

Perhatian yang perlu disikapi

  1. Jangka waktu Pergantian personal di pelayanan sosial sangat mempengaruhi hasil dan mutu kinerja yang diharapkan, karena pelayanan ini membutuhkan pelatihan diri,  ketrampilan mengatur diri dan pencarian teknik dan srategi pelayanan. Semuanya harus dipelajari di lapangan secara langsung.
  2. Karena tuntutan pelayanan maka personalia harus rajin mengikuti pertemuan, seminar  yang berhubungan dengan kemasyarakatan karena pelayanan langsung bersentuhan dengan masyarakat dan pelayanan.   Maka dibutuhkan pribadi yang terbuka untuk mau belajar serta butuh waktu yang panjang.
  3. Petugas lapangan sosial berharap melihat hasil dalam waktu sesingkat singkatnya;  kenyataan*    jangan berharap hasil,  karena pelayanan sosial hanya  memberi dan tidak menerima,  hanya menabur dan tidak memanen, mungkin beberapa dekade lagi akan melihat buah

Kesimpulan

Kongregasi telah memiliki Yayasan sosial dan telah diaktekan  Mei 2007 dengan nama  Vita Dulcedo. Yayasan ini telah terdaftar di MENHUMHAM 2013.  Ini berarti keseriusan Kongregasi yang semakin dalam dan tekat para suster KYM untuk semakin mewujudnyatakan spiritualitas Vinsensius. Bidang sosial yang telah mulai kita garap”   Panti asuhan, anak jalanan, Petani, pemulung dan jompo. Tema kapitel 2013-2017 memasang rambu rambu apa apa yang akan kita lakukan selama 4 tahun ini yaitu dengan semangat hamba melayani orang miskin.  Mari kita kritis dan makin serius, karena periode kapitel ini  sudah hampir selesai satu tahun. Maka program 3 tahun lagi harus jelas karena topik kapitel mendatang adalah evaluasi akan apa yang sudah kita perbuat sekarang. Untuk itu perlu kita membuat program jangka pendek, itulah yang kita lakukan 3 tahun ini, dan jangka panjang, itulah yang akan kita tawarkan pada periode mendatang sebagai pengembangan pelayanan melalui Vita Dulcedo. Pengembangan tidak selalu berkembang secara fisik tetapi bagaimana kita membangun perkembangan kualitas pelayanan.

Khusus untuk   Palipi saat ini kurang berjalan karena pergantian  personalia yang masih baru dan personalia yang lama semakin sibuk. Pergantian personalia khusus untuk Vita Dulcedo sudah diinformasikan kepada Dinas dan PPL yang berhunungan dengan pertanian sedangkan untuk Gapoktan juga sudah dilaporkan bahwa Ketua Gapoktan tidak dapat lagi melaksanakan tugas karena kesibukan lain. Untuk itu Dinas Pertanian dan Pengurus kelompok tani akan menindaklanjuti.

Hubungan dengan pemerintah terutama tentang pinjaman lunak berjalan baik dan setiap bulan ada laporan ke Badan ketahanan pangan.

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini