Segala yang ditanam akan tumbuh dan berkembang….. kerja keras dan ulet.
Sr Dominika Gultom KYM menjalani operasi usus buntu (Apendiks) di RS Harapan tanggal 02 Juni 2017 dan opname hingga tanggal 09 Juni 2017.  Pasca operasi saudari ini merasa sudah lebih baik tetapi pada bulan Januari tepatnya 08-10 Januari 2018 Sr Dominika Gultom KYM kembali opname di RS Harapan Pematangsiantar karena pembengkakan pada perut (bekas operasi Apendixs). Beberapa hari di RS Harapan tetap tidak ada perubahan maka dokter menganjurkan agar Sr Dominika dirujuk ke RS Elisabeth Medan. Atas anjuran pihak Rumah sakit  akhirnya pada tanggal 11 Januari 2018 Sr Dominika dibawa ke RS Elisabeth Medan untuk mendapat perawatan yang lebih intensif. Dari hasil diagnosa dokter dinyatakan bahwa Sr Dominika mengidap penyakit kanker usus  (stadium 4). Kondisi fisik makin menurun sehingga tanggal 15 Januari 2018 dilakukan kembali tindakan operasi pada bekas  operasi Apendixs dan tetap opname sampai tanggal 25 Januari 2018 di RS Elisabeth Medan. Pimpinan memutuskan pasca operasi kedua, Sr Dominika Gultom KYM  tinggal di Komunitas Betlehem Medan untuk pemulihan kesehatan dan tetap kontrol ke RS. Elisabet Pada tanggal 5 Februari 2018 atas permintaan sendiri saudari ini menerima sakramen perminyakan orang sakit dari RP. Kosman Sianturi OSC. Setelah menjalani perawatan dan kondisi kesehatan mulai membaik, Sr Dominika pindah ke Kom. Samadi St Vinsensius Pematangsiantar untuk pemulihan lebih lanjut.
Pada tanggal 30 Agustus 2018 Sr Dominika opname di RS Harapan dan selanjutnya dirujuk ke RS Elisabeth Medan tanggal 31 Agustus 2018 untuk perawatan yang lebih intensif.
Syukur kepada Tuhan kendati kondisi fisik lemah, tanggal 21 Desember 2018, persaudaraan merayakan Pesta Emas (50) tahun hidup membiara Sr Dominika di Rumah Retret Samadi St Vinsensius (RRSV). Perayaan syukur ini membawa kegembiraan dan sukacita bagi Sr Dominika walaupun kanker semakin membuat fisik makin lemah dan tak berdaya hingga akhirnya tanggal 12 Januari 2019  Sr Dominika  kembali menerima Sakramaen perminyakan orang sakit untuk kedua kalinya dari RD. Parlindungan Sinaga di Komunitas Samadi St Vinsensius dan dihadiri oleh para suster yang berkomunitas di Pematangsiantar. Berbagai usaha dilakukan untuk kesembuhan saudari ini namun kondisi fisik semakin menurun dan akhirnya kembali opname tanggal 7 -14 Februari 2019-14 di RS Harapan Pematangsiantar. Melihat keadaan fisik yang terus menurun, akhirnya Dokter menganjurkan untuk dirawat di rumah. Seperti Motto hidupnya, “Ia menjadikan segala-galanya baik” (Mrk 7: 37b), Sr Dominika Gultom KYM akhir menghadap Sang Pencipta dengan damai dan tenang diiringi doa para suster.

 

Terima kasih kepada Bapak Uskup, Pastor, Suster, Keluarga, Saudara/Saudari yang membantu Sr Dominika Gultom KYM selama hidup terutama selama sakit. Semoga Tuhan memberkati!
                                                                 Salam Persaudaraan,
                                                                Sr M. Yohana Parhusip KYM; Pemimpin Umum
                                                                                dan
                                                                  Para suster KYM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini