STUDI DAN RETRET KONGREGASI 2019

STUDI DAN RETRET KONGREGASI 2019
Dalam satu periode kepemimpinan, Kongregasi mengadakan retret Kongregasi untuk semua suster. Maka pada tahun ini, kongregasi menyelenggarakan studi dan retret Kongregasi untuk masing-masing wilayah. Wilayah Sumatera dalam dua (2) gelombang tanggal 1-9 Juni dan tanggal 16-24 Juni, Wilayah Papua (1-8 Juli), Wilayah Kalimantan (2-9 Juli), Wilayah Timor (14-21 Juli), Jawa (6-13 Agustus) dan Timor Leste (8-15 September). Studi dan retret kongregasi dianimasi oleh Tim Pembina Kongregasi. Khusus untuk wilayah Sumatera, studi dipimpin oleh Sr Yosephine tentang sejarah Kongregasi dalam 50 tahun sejak berdiri sedangkan Retret dibawakan oleh Moderator Kongregasi RP Octavianus Situngkir OFMCap. Pembagian wilayah untuk studi dan retret dimaksudkan agar para suster dapat menyesuaikan waktu dan demi alasan jarak yang jauh. Sementara untuk retret dan studi bagi Suster LANSIA dibuat secara khusus yakni dengan mengunjungi tempat awal Kongregasi hadir di Bagan Siapi-api.

            Secara umum para suster sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena dapat mendalami sejarah dan kharisma pendiri kongregasi. Dari tahun ke tahun para suster sangat senang karena narasumber untuk studi dan pertemuan kongregasi langsung dibawakan oleh Suster KYM sendiri. Hal ini sangat dilihat positif karena ada sikap berani berbagi pengalaman dan mau belajar bersama demi kemajuan kongregasi. Tanggapan para suster untuk mengikuti kegiatan ini juga sangat diapresiasi (100% mengikuti pertemuan).
Studi dan retret untuk wilayah di luar Sumatera mendalami empat (4) kharisma pendiri sekaligus karena dalam satu periode kepemimpinan, studi dan retret kongregasi hanya dilakukan satu kali pertemuan mengingat jarak tempuh yang cukup jauh.

(Foto: Peserta Gelombang II)

(Foto: Animasi Hasil Refleksi)

(Foto: Diskusi Kelompok)

Post Comment